Cara Menghitung Biaya Asuransi Pendidikan Anak

Posted on

Berbicara tentang asuransi pendidikan, masih banyak orang yang salah kaprah dalam memahami hal itu. Mereka menganggap bahwa antara asuransi pendidikan sama tabungan itu sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Lalu bagaimana cara menghitung asuransi pendidikan anak, agar semua dapat dilakukan secara terencana untuk masa depan pendidikan anak.

Cara Menghitung Biaya Asuransi Pendidikan Anak

Dengan adanya perhitungan secara teliti, tentunya biaya pendidikan anak Anda akan tercukupi. Cara mempridiksi biaya untuk pendidikan anak cukup akurat, karena pertumbuhan investasi seseorang setiap tahun dapat diperhitingkan Jadi biaya untuk pendidikan anak mulai dapat diperhitungkan dari sekarang. Karena kenaikan biaya pendidikan dari tingkat SD hinga perguruan tinggi adalah sesuatu yang mutlak terjadi.

Cara Menghitung Asuransi Pendidikan Untuk Anak

Tabungan yang kita kumpulkan setiap bulan dengan susah payah, nilainya terasa sangat kecil dibandingkan dengan biaya pendidikan yang harus Anda keluarkan pada saat anak mulai sekolah ke jenjang yang lebih tinggi misalanya SMA atau perguruan tinggi.

Inflamasi merupakan faktor nyata, dengan demikian maka perhitungan asuransi pendidikan untuk anak yang kita buat, haru memperhitungkan kenaikan biaya pendidikan saat ini misalnya sebesar 8 % setiap tahunnya.

Jadi, jika saat ini anak Anda berusia 3 tahun. Maka biaya pendidikan untuk meraih gelar sarjana mencapai 100.000.000. Kemungkinan 15 tahun lagi pada saat anak Anda menempuh jenjang perguruan tinggi. Dengan Anda memperhitungkan biaya pendidikan kenaikan biaya pendidikan, maka 15 tahun kemudian biaya pendidikan yang harus dipersiapkan untuk biaya kuliah dapat Anda hitung dengan menggunakan rumus masa depan.

Berikut ini rumus yang dapat Anda gunakan untuk menghitung biaya pendidikan, untuk masa yang akan datang dengan memperhatikan faktor kenaikan biaya pendidikan. Untuk data yang lebih akurat, Anda dapat melakukan survey tentang biaya pendidikan pada perguruan yang diinginkan. Ini merupakan biaya mulai awal masuk kuliah sampai lulus menjadi seorang sarjana.

Asumsi:

Biaya pendidikan saat ini 100.000.000 (sebagai contoh saja)

inflasi: 8 % ( disesuaikan dengan biaya pendidikan saat ini)

Untu anak berusia 3 tahun (estimasi 15 tahun lagi masuk perguruan tinggi)

Rumus Masa Depan yang dapat Anda Gunakan

FV= PV (1+ i)^n

Keterangan

FV= Future Value atau nilai mendatang

PV= Present Valua atau nilai sekarang

I = Rate=  Inflasi atau nilai bunga

^n = Tahun ke-n atau dibaca dan dihitung pangkat n.

Dengan cara menghitung asuransi pendidikan anak tersebut maka biaya pendidikan anak Anda  hingga kuliah pada masa 15 tahun kedepan adalah sebesar Rp.317. 216. 911, 00.

Sumber : https://mazariegos.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *