pengertian defibrillator

Berkenalan Dengan Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

Posted on

Defibrillator, tidak banyak orang yang mengetahui alat ini. Ini dalah salah satu peralatan medis yang ada di rumah sakit atau klinik. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang alat tersbut, defibrillator ada hubungannya dengan jantung. Namun sebenarnya bukanlah alat yang digunakan untuk menghidupkan orang yang sudah meninggal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lengkap mengenai alat defibrillator.

Pengertian Defibrillator

pengertian defibrillator

Defibrillator disebut juga alat pacu jantung atau alat kejut jantung. Yaitu sebuah alat medis, tepatnya alat elektromedis yang berfunsi untuk menstimulus detak jantung pada saat jantung dalam kondisi fibrilasi atrium atau ventrikel. Defibrillator memberikan kejutkan listik dengan energi tertentu untuk membuat jantung terhentak dan kemudian akan memulai detaknya dengan irama yang normal.

Fungsi Defibrillator

Sebenarnya diatas secara tidak langsung sudah kita sebutkan apa fungsi defibrillator. Intinya adalah, defibrillator berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal seperti pada kasus fibrilasi Ventrikel yang dapat mengancam jiwa seseorang. Tidak ada fungsi lainnya selain dari itu, memang alat ini dibuat secara khusus sebagai alat emergency pada serangan jantung.

Cara Kerja Defibrillator

Bagaimana defibrillator dapat bekerja mengembalikan detak jantung yang tidak normal ? Defibrillator dilengkapi dengan berbagai macam perangkat yang bekerja secara kompleks dengan takaran tertentu. Cara kerjanya adalah dengan melepaskan energi yang dihasilkan oleh baterai dan menyimpannya di dalam kapasitor.

Kemudian, tombol ditekan untuk melepaskannya dan mengalirkannya pada jantung seseorang melalui dua bantalan elektroda. Arus listrik mengalir dari elektroda yang satu ke elektroda lainnya yang kemudian mempengaruhi jantung yang sedang bergetar acak. Dari situ jika prosedur dilakukan dengan benar, maka jantung akan memulai detaknya dengan normal kembali.

Harga Defibrillator

Terdapat dua macam defibrillator di pasaran. Jenis pertama disebut dengan defibrillator monitor atau defibrillator manual sedangkan yang kedua disebut dengan defibrillator otomatis atau AED (Automated External Defibrillator). Kedua jenis alat tersebut cukup mahal. Jika anda membutuhkan informasi harga pasti untuk unit alat defibrillator, anda bisa tanyakan ke Distributor Defibrillator Indonesia, yang jual defibrillator dengan berbagai macam merk dan tipe dengan harga yang variatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *