Diantara Komponen Penting Instansi Pelayanan Kesehatan

Posted on

Selamat datang dan salam hangat untuk anda yang membaca postingan ini. Di sini saya ingin berargumen atau beropini, belajar mengeluarkan pendapat dalam wujud tulisan yang mungkin bisa kita kategorikan sebagai tema kesehatan. Yaitu tentang beberapa komponen yang penting yang terdapat pada instansi atau pusat layanan medis masyarakat khususnya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, pusat layanan kesehatan dimulai dari lini paling bawah yakni kelurahan (desa), kecamatan, kemudian ke kabupaten dan propinsi. Kita tidak pelu jauh – jauh ataupun memilih salah satu diantaranya. Namun kita akan berbicara secara keseluruhan dari instansi tersebut, baik milik pemerintah ataupun swasta.

komponen penting instansi kesehatan

Beberapa Komponen Penting Dalam Sebuah Instansi Layanan Kesehatan

1. Tenaga Medis

Selau setiap kali pemerintah mengadakan penjaringan pagawai negeri baru, paling banyak kuota diperuntukkan pada posisi guru dan yang kedua adalah tenaga medis. Baik perawat, dokter ataupun tenaga medis ahli lainnya. Hal ini menunjukkan, salah satu komponen penting yang terdapat di instansi ini yaitu adanya tenaga medis yang profesional dan memadai.

2. Peralatan Medis

Saya tidak akan memasukkan infrastruktur ke dalam bahasan ini, karena itu sudah pasti dan jelas. Tanpa adanya itu, tidak bisa kita sebut sebagai instansi atau tempat layanan layanan kesehatan. Namun di sini kita soroti adalah peralatan medis. Ini hal yang sangat penting, merupakan komponen fital yang harus ada, tercukupi dan memenuhi syarat. Tentu kita tidak bisa mengetahui semua jenis alat kesehatan dan fungsinya yang ada di sini. Namun pemerintah pasti telah mengeluarkan undang – undang yang mengatur hal tersebut.

3. Pengolahan Limbah

Hal ini juga sama sekali tidak bisa diabaikan, bahkan wajib untuk dipenuhi. Terdapat banyak limbah atau sampah medis setiap harinya yang dihasilkan dari tempat – tempat layanan kesehatan dimanapun juga. Limbah ini perlu diolah dengan sistem pengolahan yang canggih dan memenuhi kriteria yang benar. Hal ini agar tidak membahayakan keselamatan dan mencemarkan linkungan sekitar rumah sakit atau klinik tersebut.

Saya kira cukup ini saja yang hendak saya sampaikan kepada anda, semoga tulisan singkat ini bisa sedikit menambah wawasan kita dan syukur apabila bermanfaat untuk anda yang membacanya, sekian !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *