Histori Mie Goreng

Histori Mie Goreng

Posted on

Mie goreng merupakan mie yang digoreng, ini merupakan makanan yang sudah populer serta disukai oleh masyarakat Indonesia, Singapore, dan Malaysia. Biasanya terbuat dari mie kuning dengan tambahan sedikit minyak goreng dan tambahan irisan bawang putih, merah, seafood, bahkan suwirang daging ayam atau daging sapi. Bisa juga dengan tambahan irisan bakso, sayuran, cabai, tomat, telur ayam, dan acar-acaran.

 

Dalam pasaran, mie terbagi menjadi 3 bentuk sesuai dengan kualitas kematangannya, ialah mie basah atau kuah, mie goreng atau kering, dan mie instan. Sesuai dengan namanya, mie tipe kuah biasa dijual dengan keadaan basah. Mie basah yang belum di olah memiliki kandungan air sebanyak 52%. Oleh  karena itu, mie basah mudah basi dan hanya bisa bertahan dalam sehari. Biasanya biasa digunakan menjadi bahan baku untuk pembuatan mie ayam.

Histori Mie Goreng

Mie goreng sudah terkenal dan sangat mudah ditemui di mana-mana di negara Indonesia ini sendiri, mulai dari restoran besar hingga pedagang kaki lima. Mie goreng juga bisa ditemukan di warung pinggir jalan atau disebut warkop. Di negara Malaysia bisa ditemukan di warung yang bernama mamak di Malaysia dan Singapura. Bahkan sudah ada mie goreng instan yang bisa dibeli di supermarket.

 

Masakan mie merupakan berasal dari chow mein, mie China, dan sudah dipercaya dan dibawa oleh pendatang dari China ke Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Mie goreng hampir mirip dengan yakisoba dari Jepang. Tetapi, mie goreng sudah familiar dan terintregasi dengan seni kuliner Indonesia.

 

Dalam contohnya, mie goreng menambahkan kecap manis sebagai bumbu penting. Supaya menyesuaikan dengan rasa lidah orang Indonesia yang kebanyakan menganut agama Islam, mie goreng umumnya tidak menggunakan bahan daging babi atau lemak babi. Biasanya diganti dengan udang, suwiran daging ayam, bahkan daging sapi.

 

Mie goreng ini terbentuk dari olahan adonan tipis yang panjang yang telah digulung, dikeringkan kemudian dimasak dalam air yang mendidih dan ini merupakan makanan populer di belahan berbagai negara besar. Mie diperkirakan sudah ada pada 4000 tahun yang lalu. Namun, dalam sejarah asal muasal masih menjadi perselisihan. Bangsa Italia, China, dan Arab mengungkapkan bahwa mengklaim sebagai pencipta mie.

 

Mie goreng merupakan mie yang biasa dipasarkan dalam keadaan bentuk kering. Mie goreng biasa disebut mie telur. Dalam jenis ini, kandungan mie telur mempunyai kandungan air yang rendah, hanya memiliki 13% air. Mie goreng ini berbahan dasar dari telur dan tepung terigu, dan secara pengolahannya diproses dengan pengeringan menggunakan oven atau bisa dijemur sampai kering sebelum dibungkus dan dipasarkan. Mie goreng ini biasa menjadi bahan baku mie rebus dan mie goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *