Mau Buat Invoice Online Indonesia? Paling Mudah Disini
Mau Buat Invoice Online Indonesia? Paling Mudah Disini

Buat Invoice Online Indonesia Paling Mudah

Posted on

Untuk memulai sebuah bisnis, banyak orang mengabaikan beberapa hal kecil, salah satunya yaitu membuat invoice penjualan. Meskipun terlihat masalah sepele, penggunaan faktur ternyata akan mempengaruhi profesionalitas Anda di dalam berwirausaha. Faktanya, sebagian besar orang memutuskan enggan untuk memesan ke pelaku bisnis yang serupa jika faktur nya masih ditulis tangan. Sebab, faktur tersebut biasanya akan ditunjukkan sebagai barang bukti pembelian. Jika ditulis dengan pulpen, terkesan menipu atau membohongi.

Bukan hanya pelaku usaha saja, para supplier atau pemilik bahan baku bermodal besar juga tentunya sudah membuat invoice penjualan. Lebih lanjut, faktur ini tidak hanya dipakai untuk perusahaan dagang saja yang menjual produk nyata namun juga perusahaan jasa telah menggunakan hal ini, salah satu contoh konkretnya yaitu tempat servis motor atau tempat rental mobil.

Mau Buat Invoice Online Indonesia? Paling Mudah Disini
Mau Buat Invoice Online Indonesia? Paling Mudah Disini

Invoice penjualan merupakan lembar bukti tagihan atau bukti transaksi terhadap pelanggan suatu pembelian barang atau jasa. Biasanya, banyak orang menyebutnya sebagai nota, faktur atau juga bon. Semuanya kembali lagi kepada fungsinya di dalam masyarakat.

Penggunaan faktur sudah ada sejak lama tetapi tidak diatur dengan baku sehingga setiap pelaku usaha dapat membuatnya sendiri. Mereka bisa memodifikasi sedemikian rupa supaya dapat dengan mudah dimengerti oleh para pelanggannya. Sifat faktur ini sebagai media pengingat jika Anda membeli sesuatu. Terkesan sepele? Nyatanya, ketidak adaan faktur sebagai bukti penjualan dapat membuat neraca keuangan di dalam perusahaan atau rumah tangga menjadi terganggu.

Jenis-jenis dalam Membuat Invoice Penjualan

Dalam membuat invoice penjualan terhadap pelanggan, ada 3 jenis tagihan yang dapat Anda kirimkan, meliputi:

Invoice Biasa

Invoice ini adalah jenis paling umum yang biasa dipakai oleh seorang pelaku usaha. Lebih lanjut, isi dari faktur ini juga standar yaitu memuat jenis item atau barang yang akan dikirimkan terhadap klien. Faktur ini juga bisa digunakan untuk jenis perusahaan jasa ataupun dagang.

Invoice Proforma

Berbeda dengan invoice sebelumnya, proforma biasanya dipakai untuk mengirimkan tagihan sementara kepada pelanggan. Mengapa sementara? Sebab invoice jenis ini di tagih kan kepada suatu barang yang dikirimnya dengan bertahap sampai pada akhir periode, Anda jumlahkan dengan memakai invoice biasa. Sebagai contoh, Anda dapat melihat seperti di bawah ini.

Toko Bangunan Barokah meperoleh orderan dari Bapak Fahmi yang sedang membangun rumah. Oleh sebab itu, Bapak Fahmi menginginkan 1 kijang pasir serta batu bata setiap harinya selama 10 hari ke depan. Di dalam setiap pengiriman, Anda dapat memberikan invoice proforma sampai hari terakhir pengambilan barang. Setelah selesai, Anda tinggal jumlahkan serta berikan invoice biasa.

Invoice Konsuler

Jika dibandingkan dengan dua faktur sebelumnya, invoice konsuler harus dibuat dengan lebih professional lagi. Karena, Invoice ini digunakan untuk perdagangan internasional sejenis eksport serta import. Di dalam tagihan ini, Anda wajib menyertakan beberapa aspek penting misalnya seperti lembar pengesahan serta persetujuan antar kedua negara, detail barang serta beberapa hal penting lainnya.

Nah untuk membuat invoice online Anda tidak perlu bingung lagi, sebab ada aplikasi www.paper.id yang akan memudahkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *