Sungai Yangtze
Sungai Yangtze

Enam Sungai Terpanjang Ada Di Seluruh Dunia

Posted on

Sungai merupakan suatu aliran air, yang mengalir di daratan dimana alirannya berasal dari hulu atau sumber, yang menuju ke hilir atau muara. Sungai sangatlah berharga bagi kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Selain sebagai sumber air minum, sungai juga merupakan habitat bagi beberapa jenis hewan, dan juga tumbuhan air tawar. Pada zaman modern seperti saat ini, sungai juga seringkali dijadikan sebagai obyek wisata, yang menjadi tempat berekreasi masyarakat pada saat liburan tiba. Ada ribuan sungai di dunia ini, bukan hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara yang ada di dunia. Malah terdapat beberapa sungai terpanjang di dunia di negara luar, yang memiliki radius aliran, yang sangat panjang.

Dan biasanya sungai-sungai di dunia yang terkenal, memang dikenal karena radius alisannya, yang sangat panjang tersebut. Kemudian timbul pertanyaan, sungai apa saja di dunia ini, yang memiliki radius terbilang sangat panjang?.
Nah berdasarkan hal tersebjut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa sungai di seluruh dunia yang memiliki radius amat sangat panjang. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai sungai apa sajakah yang dimaksud. Berikut ini ulasannya :

– Sungai Nil

Sungai Nil
sumber gambar : https://sidoharjo.com/

Berlawanan dengan sungai terpendek di dunia Sungai Nil justru menjadi peringkat pertama sebagai sungai terpanjang yang ada di dunia, sehingga membuatnya menjadi sungai yang sangat terkenal. Tempatnya berada di Danau Victorial, dan mengaliri diantra sembilan negara, yakni Kenya, Zaire, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Ethiopia, dan juga Mesir. Panjang sungai ini mencapai mencapai 4180 mil.

– Sungai Amazon

Sungai Amazon
Sungai Amazon

Dengan panjang yang mencapai 3912 mil, menjadikan sungai Amazon ini sebagai sungai terpanjang kedua di dunia, yang menyumbang 1/5 bagian total sungai yang ada di dunia. Aliranya dimulai dari Glazer Danau Fed di Peru, yang kemudian mengaliri di beberapa negara Amerika Latin, dan berakhir tepat di Samudra Atlantik.

– Sungai Mississippi

Sungai Mississippi
Sungai Mississippi

Sungai Mississippi, merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika, setelah sungai Amazon. Panjang sungai ini mencapai 3713 mil. Alirannya berawal dari danau Itasca di Minnesota, yang melewati beberapa negara di Amerika Serikat, seperti halnya Winsconsin, Iowa, Illionis, Missouri, Kentucky, Tenesse, Arkansas, dan berakhir di negara bagian Louisian yakni teluk Meksiko.

– Sungai Ob

Sungai Ob
Sungai Ob

Sungai Ob adalah merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di dunia saat ini. Panjang total dari sungai ini mencapai 3495 mil. Adapun aliran sungai Ob ini, dimulai dari gunung Altai Rusia, yang berakhir di Teluk Ob.

– Sungai Yangtze

Sungai Yangtze
Sungai Yangtze

Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang di Cina, dengan total panjang mencapai 3.602 mil. Memiliki hulu dari dataran tinggi Tibetan, yang bermuara di Laut Cina. Beberapa waktu yang lalu, sungai ini mengejutkan dunia dengan warna airnya, yang tiba-tiba berubah menjadi merah seperti jus tomat. Perubahan warna sungai terbesar, terjadi di Chongqing dan beberapa titik lainnya, di sepanjang sungai tersebut.

– Sungai Huang Ho

sidoharjo.com
Sungai Huang Ho

Sungai Huang Ho, atau yang lebih dikenal dengan sebutan sungai Kuning, merupakan salah satu sungai terpanjang di Cina. Panjang keseluruhan sungai satu ini mencapai 2.900 mil. Aliran sungainya berhulu di sisi Timur gunung Kuanlan, yang mengalir hingga ke teluk Vhihli, yakni Cina bagian Barat. Itulah tadi 6 sungai terpanjang di dunia  yang wajib kamu tahu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *