Tips Supaya Sukses Dalam Mengikuti Tes IELTS Speaking

Posted on

Ielts speaking tips adalah cara paling jitu untuk anda ketahui supaya anda bisa sukses dalam mengikuti tes speaking. Meski terlihat mudah untuk menjalankan ielts speaking tips, tetapi bisa saja anda gagal karena tidak benar benar menerapkannya secara rutin.
Pada dasarnya, tes ielts speaking memang agak terlihat lebih sulit dari pada tes menulis, membaca maupun mendengarkan. Namun, dengan usaha serta latihan yang rajin dan persiapan yang matang, anda tentu akan dapat melewati tes speaking dengan mudah serta memperoleh nilai yang tinggi.
Di bawah ini ada beberapa jalan yang bisa anda jadikan sebagai ielts speaking tips sebelum anda melakukan tes ielts speaking. Berikut ulasannya :

1. Persiapkan Telinga Anda Untuk Beragam Aksen Bahasa Inggris
Ielts speaking tips pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus terlebih dahulu menyiapkan dua telinga anda untuk banyak aksen bahasa Inggris. Karena saat mengikuti tes, sering kali para penguji akan berbicara menggunakan aksen yang berbeda beda untuk setiap pertanyaan yang diajukan. Untuk itu anda harus sangat memahami betul aksen apa yang digunakan, apakah itu aksen Amerika, Australia atau bahkan bisa jadi aksen New Zealand. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, anda harus sering sering mendengar ucapan ucapan bahasa Inggris dengan aksen yang beragam. Hal ini bisa anda lakukan dengan berlangganan pada podcast bahasa Inggris atau pun di televisi kabel.

2. Berlatih Terus Menerus
Jika sudah mendengar berbagai aksen namun anda masih juga merasa ragu untuk mengikuti tes. Maka ielts speaking tips terbaik selanjutnya yang anda lakukan adalah dengan berlatih terus menerus dan berusaha agar lebih baik. Selama berlatih, upayakan anda berbicara dengan mengatur waktu berdasarkan tes yang sebenarnya. Hal ini tentunya akan sangat membantu anda saat melakukan tes ielts speaking. Dengan mengatur waktu dan terus berlatih, anda bisa mengetahui kelemahan serta tingkat kemampuan berbahasa asing yang anda miliki. Jika berbicara bahasa Inggris adalah hal tersulit untuk anda lakukan, maka sebaiknya anda harus lebih sering berbicara bahasa asing tersebut.

3. Bicaralah Walau Salah
Ketika sedang latihan, jangan pernah takut salah saat anda mengucapkannya. Sampaikan terus apa yang ingin anda utarakan meskipun anda masih menggunakan tata bahasa yang kurang tepat. Dengan sering latihan dan berbahasa Inggris, maka anda lebih cepat menyesuaikan lidah anda dengan bahasa tersebut. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi anda saat menyampaikan pembahasan mengenai topik anda kepada para penguji.

4. Cobalah Untuk Tidak Belajar Sendiri
Berbicara sendiri tentu anda tidak akan pernah mengetahui dimana letak bahasa anda yang salah. Dengan mengajak teman yang lebih mampu berbahasa Inggris, anda akan lebih terbantu dalam proses latihan. Teman anda yang lebih bisa ini tentu saja akan memberitahukan kesalahan terhadap pengucapan yang anda ucapkan.
Dengan ielts speaking tips di atas semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengikuti tes speaking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *