Cara Merawat Burung Lovebird

Posted on

Cara Merawat Burung Lovebird – Meski harga burung kicau satu ini sedang turun, tidak membuat para kicaumania putus asa dalam merawat burung lovebird yang berkualitas. Apalagi, lovebird saat ini mulai hadir dengan warna – warna yang lebih cantik dan unik. Tidak hanya dari warna bulu yang cantik, kualitas burung lovebird saat ini juga kian baik dalam hal suara kicaunya.

Burung Lovebird

Banyak burung lovebird yang dapat ngekek panjang dan stabil sehingga cocok untuk hiasan di rumah. Tentu saja Anda membutuhkan cara merawat burung lovebird yang tepat agar burung tetap berkualitas, Nah, dibawah ini ada beberapa cara merawat burung lovebird agar kian gacor dalam berkicau.

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Kian Gacor

  • Rajin Memandikan Burung

Langkah perawatan pertama dalam merawat burung paruh bengkok ini ialah rajin memandikan lovebird. Bahkan ada beberapa penghobi yang percaya bahwa memandikan lovebird hingga basah kuyup bisa meningkatkan stamina dan membuat burung lovebird lebih rajin ngekek panjang. Dalam memandikan burung, Anda harus memahami karakter burung kesayangan. Pasalnya, ada burung yang gemar mandi pagi dan ada pula yang gemar mandi malam.

  • Membersihkan Kandang

Setelah memandikan burung, Anda juga perlu untuk membersihkan kandang burung kesayangan. Bersihkan alas kandang burung secara rutin agar kesehatan dan kondisi burung selalu prima. Pasalnya, kotoran burung yang menumpuk dan sisa pakan burung akan menimbulkan penyakit. Selain alas, Anda juga bisa membersihkan wadah pakan burung dan tempat minum.

  • Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Untuk mendapatkan burung lovebird ngekek panjang, Anda juga perlu memberikan pakan yang tepat. Untuk lovebird muda, Anda bisa memberikan pakan bijian yang bervariasi seperti milet putih dicampur kenari seed, kuaci, hingga pellet khusus lovebird. Kamu juga bisa memberikan pakan tambahan berupa buah dan sayuran. Pakan tambahan seperti kangkung dan jagung muda bermanfaat untuk meningkatkan birahi.

  • Jemur Burung

Satu hal penting dalam perawatan lovebird ialah penjemuran. Anda bisa menjemur lovebird kesayangan setelah dimandikan mulai pukul 07.00 pagi hingga 10.00 siang. Manfaatnya akan membuat burung lebih segar dan lebih birahi.

Terimakasih telah menyimak Cara Merawat Burung Lovebird semoga berguna bagi burung kesayangan sobat, untuk lebih lengkapnya sobat bisa kunjungi cenayangkicau.com di situ banyak tips lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *