Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo Dengan Mudah

Posted on

Salam jumpa kicaumania, tak ada bosan bosannya saya membagikan informasi seputar burung. Dan pada artikel ini saya akan membagikan tips atau cara menjinakan burung cucak ijo melalui perawatan harian yang tepat. Namun sebelum lanjut pada tips yang akan saya bagikan, izinkan saya mengulas sedikit tentang burung cucak ijo tersebut.

Cica daun besar alias cucak ijo adalah burung pengicau yang identik dengan bulu hijau diseluruh tubuhnya. Burung yang tergolong dalam suku Chloropseidae memiliki nama latin Chloropsis sonnerati. Untuk wilayah penyebarannya meliputi Kalimantan, Jawa, Bali, Sumatra dan juga Semenajung Malaya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang burung cucak ijo yang bisa saya sampaikan. Sekarang mari kita lanjut pada cara membuat cucak ijo menjadi jinak.

Burung cucak ijo merupakan burung pengicau tipe petarung, jadi burung ini sangat giras dan susah untuk dijinakan. Untuk menjinakan burung cucak ijo kita perlu ketelatenan. Nah, tips paling mudah yaitu teman-teman memelihara burung ini sejak masih bakalan atau masih muda. Karena akan lebih mudah jinak dari pada cucak ijo yang sudah dewasa. Untuk langkah selanjutnya silahkan simak dibawah ini.

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo

Biarkan Burung Cucak Ijo Beradaptasi

Ketika teman-temen baru membeli cucak ijo balakan hal pertama yang harus kita lakukan yaitu membiarkan burung beradaptasi dengan lingkungan. Caranya dengan kita gantung di tempat yang sepi, dalam sangkar yang bersih dan usahakan tidak ada burung lain. Jika teman-teman tidak memiliki lokasi yang bagus bisa juga dengan mengkerodong sangkar dalam beberapa hari. Gunanya apa? Gunanya yaitu supaya burung beradaptasi dengan sangkar serta aksesoris yang berada didalamnya. Namun jika kalian kerodong, jangan lupa perhatikan ketersediaan pakan dan minumnya.

Berikan Pelajaran

Mungkin terdengar aneh, namun memberikan pelajaran pada burung sangat efektif untuk membuatnya jinak. Memberikan pelajaran pada hal ini yaitu dengan mengkosongkan makanan dan minuman saat burung mau istirahat. Dengan begitu pada pagi hari burung tersebut tidak akan mendapati pakan yang biasanya sudah tersedia. Nah, disaat seperti ini kita berikan makan buah dengan cara kita pegang dan sodorkan dari luar. Untuk pertama kali burung mungkin akan takut untuk memakannya, namun jika kita biasakan terus menurus maka akan membuat burung tahu bahwa kita adalah temannya.

Biasakan Pada Suasana Ramai

Jika proses diatas sudah kita terapkan dan khusus untuk point ke-2 jika burung sudah mau makan makanan yang ada diatas telapak tangan kita maka saatnya burung tampil di keramaian. Dengan dibiasakan berada dikeramaian maka burung akan memiliki mental yang bagus. Jika mentalnya bagus, maka suara burung cucak ijo juga akan bagus saat di gantang.

Demikianlah cara menjinakan burung cucak ijo, semoga dengan cara tersebut teman-teman bisa membuat cucak ijo nya jinak dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *