10 Rekomendasi Makanan Enak yang Aman buat Penderita Diabetes

10 Rekomendasi Makanan Enak yang Aman buat Penderita Diabetes

Posted on

Penyakit diabetes jadi momok buat beberapa orang. Tidak cuma orang-tua saja, sekarang diabetes banyak juga menyerang anak muda. Penyakit diabetes sebenarnya dapat dikurangi dengan gaya hidup sehat.

Banyak yang berasumsi makanan untuk pasien diabetes itu tidak enak, sebab sekurang-kurangnya kandungan gula. Eitss itu salah, banyak kok makanan enak yang aman untuk pasien diabetes, asal kamu pandai mengolahnya. Apapun itu?

10 Rekomendasi Makanan Enak yang Aman buat Penderita Diabetes

1. Nasi merah

Ini yang sangat inti, type orang Indonesia tidak dapat makan tiada nasi. Butuh diingat jika nasi putih mempunyai kandungan gula yang tinggi. Untuk mengakalinya, kamu dapat ganti nasi putih dengan nasi merah yang rendah gula. Rasa-rasanya sama juga kok, bahkan juga lebih sehat.

2. Oatmeal

Jika kamu lagi tidak mood makan nasi, dapat ganti bahan karbohidrat dengan oatmeal. Tetapi janganlah ditambah gula ya. Kamu dapat menggantinya dengan buah-buahan mulai blueberry, pisang, serta strawberry.

3. Sayur bayam

Menurut riset, sayur bayam memiliki kandungan nutrisi lutein yang baik buat pasien diabetes, terpenting untuk sisi mata. Kamu dapat mengolahnya jadi sayur bayam kuah atau sebatas dibikin lalapan.

4. Popcorn tawar

Melihat bioskop tidak komplet bila tiada popcorn. Akan tetapi, popcorn di bioskop umumnya miliki banyak perasaan, dari mulai asin, karamel, dan sebagainya. Nah, kamu yang miliki “talenta” diabetes, masih tetap dapat makan popcorn, asal tidak memberikan perasaan apa pun. Masih enak serta gurih, kok rasa-rasanya.

5. Daging tiada lemak

Tidak ada permasalahan makan daging buat pasien diabetes. Yang butuh diingat ialah menghilangkan sisi lemaknya serta janganlah digoreng dengan minyak. Semakin lebih sehat bila di rebus, dipanggang, atau dibakar.

6. Ikan laut

Pasien diabetes ikut tidak dilarang makan ikan. Sama dengan daging, langkah pengolahannya yaitu dengan dikukus, dipanggang, atau dibakar. Lantas, pilih ikan-ikan yang memiliki kandungan omega 3, seperti tuna, salmon, serta sarden. Jauhi ikan dengan kandungan merkuri tinggi, seperti tongkol.

7. Brokoli

Tidak hanya bayam, sayuran lainnya yang baik buat pasien diabetes ialah brokoli. Brokoli memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang dapat melakukan perbaikan serta membuat perlindungan dinding pembuluh darah dari rusaknya kardiovaskular karena diabetes.

8. Dark chocolate

Siapa katakan pasien diabetes tidak dapat makan cokelat? Masih tetap dapat, kok seandainya dark chocolate. Menurut riset, dark chocolate miliki banyak faedah. Salah satunya seperti percepat pemrosesan glukosa darah, kurangi resistensi insulin, serta yang sangat terpenting kurangi nafsu makan berlebihan.

9. Ubi jalar

Jika kamu ingin mendapatkan karbohidrat yang manis tiada takut gula darah naik, kamu dapat konsumsi ubi jalar. Menurut riset, ubi jalar dapat kurangi HbA1c sekitar 0,3 sampai 0,57 % serta percepat proses glukosa darah. Ubi jalar ikut mempunyai indeks glukosa lebih rendah, hingga membuatnya aman dikonsumsi pasien diabetes.

10. Tomat

Tidak hanya beri kesegaran serta sehat, tomat ikut mempunyai banyak faedah. Salah satunya memiliki kandungan likopen serta lutein yang bermanfaat membuat perlindungan ginjal dan pembuluh darah karena diabetes. Konsumsi satu gelas juice tomat sehari-hari dapat juga kurangi resiko penggumpalan darah karena diabetes.

Baca artikel kesehatan lainya di fadhilherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *