Pernak-pernik yang Harus Ada Pada Dekorasi Adat Jawa

Pernak-pernik yang Harus Ada Pada Dekorasi Adat Jawa

Posted on

Pernak-pernik yang Harus Ada Pada Dekorasi Adat Jawa. Resepsi pernikahan merupakan suatu hal yang diwajibkan bagi sebagian orang. Tak peduli latar belakang sukunya, tetap saja ada elemen terpenting yang harus dihadirkan dalam resepsi pernikahan tersebut. Bagi Anda yang memilih wedding party dalam adat Jawa, ada hal yang harus Anda dan pasangan perhatikan ketika mempersiapkan resepsi pernikahan tersebut.

Apa saja pernak-pernik khas adat Jawa? Berikut adalah ulasan mengenai pernak-pernik yang harus ada dalam dekorasi resepsi pernikahan adat Jawa.

  1. Hiasan Bunga

Hiasan bunga merupakan elemen penting yang berfungsi sebagai hiasan pada gebyok. Tidak ditentukan jenis bunga apa yang digunakan untuk dekorasi wajib ini, hanya saja hiasan bunga ini biasanya terdiri dari bermacam-macam warna. Adapun hiasan bunga ini melambangkan pengharapan akan keharmonisan hidup berumah tangga yang akan ditempuh sang pengantin.

  1. Gebyok

Gebyok merupakan sebuah ukiran khas menyerupai pintu dan jendela rumah adat Jawa yang biasanya dihadirkan pada pelaminan. Pada umumnya, Gebyok terbuat dari material kayu jati terbaik yang bertujuan untuk menambah kekuatan ukiran yang diciptakan.

  1. Lampu Hias

Lampu hias merupakan pernak-pernik yang wajib hadir di setiap resepsi pernikahan. Namun, untuk resepsi acara pernikahan adat Jawa, lampu hias yang digunakan adalah lampu tradisional khas Jawa. Penggunaan lampu tersebut tentunya tidak luput dari sebuah makna yang melambangkan harapan agar kehidupan sang pengantin senantiasa dilimpahkan kebahagiaan.Pernak-pernik yang Harus Ada Pada Dekorasi Adat Jawa

  1. Rangkaian Buah dan Sayur di Seputaran Panggung Pelaminan

Bagi orang awam atau pun mereka yang bukan aslinya orang Jawa pasti mempertanyakan keberadaan buah dan sayur yang diletakkan di pelaminan. Bagi adat Jawa, hal tersebut merupakan pernak-pernik wajib yang harus ada pada resepsi pernikahan. Buah dan sayur dipilih berdasarkan kualitas super baik yang ditata pada kerangka janur. Hal tersebut mengandung makna agar sang pengantin senantiasa dilimpahi kemakmuran oleh Tuhan.

Nah, bagi Anda yang memilih adat Jawa sebagai bagian dari resepsi pernikahan Anda, Anda perlu memperhatikan pernak-pernik tersebut. Jangan sampai melupakan kehadirannya ya. . .

Sumber :: Iamsamcampaign

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *