Yuk Berkenalan dengan Hewan Rayap!

Posted on


Rayap adalah serangga bertubuh lunak yang kebanyakan disebut semut putih. Dengan ukuran tubuh yang kecil (4-11 mm) dan terdiri atas tiga bagian tubuh yang berlainan yaitu, kepala, dada dan perut. Koloni rayap terdiri atas lebih dari satu individu berlainan yang dikenal bersama dengan kasta. Masing-masing kasta memiliki tugas sendiri dalam sebuah koloni. Anggota tertinggi dalam koloni rayap adalah ratu rayap. Rayap merupakan serangga bersama dengan umur terpanjang di dunia.

Serangga ini juga bagian berasal dari ordo Isoptera. Nama selanjutnya berasal berasal dari tubuh mereka yang memiliki sayap berukuran sama, iso=sama dan pteron=sayap. Rayap produktif memiliki sayap panjang, tipis, dua pakai serta memiliki ukuran dan bentuk serupa. Setelah menanggalkan sayapnya, rayap selanjutnya jalankan perkawinan singkat di mana pejantan dan betina berpasangan untuk memulai koloni baru.

Rayap merupakan serangga sosial, yang ditandai bersama dengan ada bagian peran dalam kasta dalam perihal sharing makanan, sarang dan sumber daya serta kerja serupa dalam membesarkan rayap muda. Kasta selanjutnya terdiri berasal dari kasta rayap pekerja, prajurit dan reproduktif. Kelompok sosial rayap tanah meliputi jantan dan betina, tidak seperti lebih dari satu besar serangga sosial lainnya yang anggotanya lebih dari satu besar adalah pejantan.

Apa itu Koloni Rayap?

Kasta Pekerja

Rayap pekerja adalah rayap jantan dan betina yang secara fisik maupun seksual tetap muda. Rayap pekerja merupakan bagian terbanyak dalam kasta koloni rayap. Mereka bertugas melacak makan, menyimpan makanan, merawat induk dan larva, memelihara sarang, menggali, memperbaiki serta memicu rongga dan saluran sarang. Hanya rayap pekerjalah yang memiliki kebolehan mencerna selulosa dalam kayu. Hal ini karena rayap pekerja memiliki flagellate dalam ususnya yang menunjang mencerna selulosa. Serangga tak bersayap ini kebanyakan adalah rayap pertama yang nampak selagi rongga sarang atau sebatang kayu yang menjadi sarangnya diganggu.

Kasta Prajurit

Rayap prajurit adalah rayap jantan atau betina yang secara fisik dan seksual tetap muda yang peran utamanya adalah merawat koloni. Rayap ini memiliki rahang besar yang membuatnya tidak mampu makan sendiri. Karena itu, mereka amat terkait pada rayap pekerja yang memberi tambahan mereka makanan muntahan. Kepala rayap prajurit ini amat panjang. Mereka amat panjang.

Mereka memiliki anatomi dan tabiat khas. Rayap prajurit dalam famili tertentu kebanyakan buta, namun rayap prajurit yang berkembang berasal dari garis reproduktif lebih dari satu matanya berfungsi. Identifikasi spesies dan tugas taksonomi lainnya seringkali dilakukan bersama dengan mengfungsikan kepala, rahang bawah, dan nasus prajurit karena karakteristik masing-masing spesies yang berbeda.

Kasta Reproduksi

Alate atau rayap reproduktif bersayap memiliki dua pakai sayap berukuran sama. Alate memiliki dua mata yang berguna bersama dengan baik dan mampu bertahan berasal dari dehidrasi. Kasta tertentu ini seringkali disalahpahami sebagai semut terbang, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa rayap tengah memicu sarang di sekitar properti mereka.

Rayap reproduktif berperan penting dalam mendirikan koloni baru. Terdapat tiga model rayap reproduktif dalam sebuah koloni rayap, yakni reproduktif “Primer”, “Sekunder” dan “Tersier”.

Rayap reproduktif primer adalah swarmer (alate) yang sukses selamat berasal dari bahaya penyebaran atau musim “kawin” dan menetap untuk bertelur dan merawat telur pertamanya.

Jika koloni rayap amat besar, dan kebolehan ratu rayap untuk bertelur menurun, Rayap reproduktif sekunder bertelur untuk meringankan beban ratu rayap. Meskipun rayap reproduktif sekunder bertelur dalam kuantitas yang lebih sedikit daripada ratu rayap, kuantitas mereka dalam koloni mampu menggapai ratusan. Kontribusi mereka untuk kapasitas bertelur sebuah koloni mampu menjadi luar biasa dan dikala ratu mati mereka mampu mengambil alih keseluruhan tugas reproduksi. Rayap reproduktif tersier berasal berasal dari rayap pekerja yang sudah berkembang jikalau lebih dari satu koloni tertentu terisolasi berasal dari koloni utamanya. Rayap reproduktif atau ergatoid ini, tidak bersayap dan nampak seperti rayap pekerja besar.

Perbedaan Antara Rayap & Semut

Terdapat tiga perbedaan morfologi utama yang membedakan rayap bersayap berasal dari semut bersayap. Rayap memiliki antena di kepalanya yang berwujud lurus dan agak melengkung, namun semut memiliki sepasang antena yang menyiku. Rayap bersayap memiliki pinggang lebar, tidak seperti semut yang berpinggang sempit. Rayap memiliki sayap bersama dengan ukuran sama, namun bagian depan sayap semut berukuran jauh lebih panjang.

Cara Rayap Masuk ke dalam Rumah/Properti

Rayap terus bergerak dalam tanah untuk melacak makan. Properti Anda mungkin baik-baik saja hari ini, tetapi tidak untuk esok. Mereka merayap masuk melalui celah-celah setipis kertas untuk memasuki rumah kita. Makhluk mungil ini merespons tanda-tanda lingkungan seperti kelembapan dan gradien suhu. Rayap mampu masuk melalui retakan fondasi, kelanjutan tembok, celah pipa saluran air dan titik lainnya yang mampu dimasuki.

Meski rayap membangun sarangnya di dalam tanah secara acak, tetapi penelitian menunjukkan sebaliknya. Rayap melacak daerah bersama dengan memicu rongga yang tersebar berkat koloni bersama dengan pola menyebar. Pola pencarian ini bercabang dan memiliki sub-cabang sehingga rayap mampu termasuk daerah seluas mungkin. Dengan kata lain, cepat atau lambat, jikalau terdapat properti di dalam daerah selanjutnya mereka bakal menemukannya.
Seperti Apa Tanda Peringatannya?

Rayap jarang nampak ke permukaan untuk melacak makan. Biasanya, Anda bakal menemukan ada rayap setelah terjadi kerusakan pada properti Anda. Namun, terdapat lebih dari satu tanda-tanda yang mampu diketahui.

  • Segerombolan rayap tersedia di dalam atau di sekitar rumah Anda, lebih-lebih di dekat sumber lampu setelah hujan.
  • Adanya sarang lumpur pada pondasi atau tembok lain yang melebar berasal dari tanah menjalar ke atas masuk ke dalam rumah.
  • Adanya bangkai sayap di dekat pintu dan jendela.
  • Cat yang terasa menggelembung pada permukaan kayu yang seakan berongga apabila diketuk.
  • Suara rayap yang menggerogoti dan memamah pada permukaan kayu.

Jika sudah terlanjur rumah Anda ditumbuhi rayap, maka tidak ada salahnya Anda gunakan Jasa Anti Rayap profesional.

Tag:

Jasa Anti Rayap Sekitar Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *