Keutamaan Shalat Hajat Dan Hikmahnya

Posted on

Sebagai hamba yang baik dan benar kita harus mengikuti aturan dari agama kita, dalam hal ini kita sebagai Muslim khususnya, untuk menjadi insan yang sempurna maka seyogyanya kita mengikuti aturan yang telah di tetapkan.

Shalat hajat salah satu sunnah dari baginda Nabi Muhammad SAW, dengan mengikuti tindakan atu sunnah nabi maka kita akan selalu mendapatkan pahala baik itu di dunia maupun di kahirat nanti.

Sebelum kita membahas keutamaan shalat hajat perlu sekali kita ketahui terlebih dahulu apa sih pengertian shalat hajat tersebut…?

Shalat hajat merupakan salah satu sunnah yang sangat di anjurkan untuk di lakasanakan bagi umat islam untuk memenuhi keinginan yang belum tercapai.

Misalnya pada saat kamu ingin masuk sekolah tertentu dan disana banyak sekali persaingan untuk bisa di terima, maka setelah kamu mendaftar dan melakukan shalat hajat untuk bisa sukses dalam penerimaan siswa baru tersebut.

Kita hanya insan biasa yang tak mampu melakukan apa-apa tanpa anugrah dari sang maha kuasa yaitu Allah SWT, dengan melaksanakan sunnah shalat hajat maka kita berharap apa yang kita inginkan dapat terwujud.

Keutamaan Shalat Hajat

Ada banyak sekali keutamaan shalat sunnah ini, untuk lebih detailnya bisa kamu simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
2. Menenangkan hati yang penuh dengan kebingungan
3. Memenuhi perintah ataupun sunnah
4. Mendapatkan banyak pahala
5. Mendapatkan apa yang di inginkan atau tujuannya dapat tercapai

Dan masih banyak lagi yang lainnya, disini hanya 5 yang dapat saya rangkum karena kelima daftar tersebutlah yang sangat penting di dalam shalat sunnah hajat.

Tak lupa juga apa bila kita telah melakukan shalat hajat di atas dan ternyata apa yang kita inginkan masih belum juga terwujud maka sebaiknya kamu harus bersabar dan berusaha semaksimal mungkin kembali.

Di dunia ini kita hanya dapat berdo’a dan pasrah, dalam pasrah kita juga harus semangat melakukan apa yang menjadi tujuan kalian.

Jangan hanya cuma pasrah saja, karena hukum dunia siapa yang tidak mau berusaha maka tidak akan bisa mencapai apa yang di inginkannya.

Dan barang siapa yang dengan bersungguh-sungguh dalam melakukan atau mengerjakan sesuatu maka dia akan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Hikmah Shalat Hajat

Seperti shalat sunnah lainnya seperti shalat tahajud, shalat rowatib, shalat duha dan sahalat sunnah lainnya pasti mempunyai hikmah dan keutamaannya.

Adapun keutamaan shalat hajat disini adalah Janji Allah yang telah menyiapkan syurga yang luar biasa di akhirat nanti.

Sudah di jelaskan secara rinci di dalam hadist nabi yaitu pada saat Nabi menanyakan amalan apa saja yang di lakukan oleh bilal sehingga Nabi mendengar dengan jelas di surga bahwa suara sendal bilal di depan surga.

Mendengar pertanyaan seperti itu Bilal pun langsung sigap untuk menjawab sang Nabi, jawaban bilal yaitu : aku tidak pernah melakukan sesuatu yang memang sangat aku harapkan kebaikannya di akhirat selain aku me,bersihkan diri dari hadas kecil di siang maupun malam hari untuk melakukan shalat sunnah sesuai dengan tuntunan dan sebanyak yang dapat aku kerjakan. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Wallahu A’lam bisshowab.

Dengan melihat hadis di atas maka sebaiknya kita juga bisa mengambil hikmah dari salat sunnah umumnya dan salat hajat khususnya, untuk bisa melakukannya dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *