Resiko Caesar Yang Harus Ibu Tahu

Posted on

Resiko caesar | Ibu mah enak yah melahirkan dengan cara caesar, tidak merasakan sakit, kalau saya dulu melahirkan normal…wuih sakitnya ke ubun-ubun…

Pernah mendengar percakapan ibu ibu seperti di atas?. Mungkin ada benarnya di satu sisi, tapi ada juga tidak benarnya di sisi lain.

Memang benar melahirkan secara caesar akan tidak merasakan sakit. Tapi apakah ibu tahu resiko caesar yaitu pasca caesar keadaannya akan lebih parah dari ibu yang melahirkan normal.

Resiko Caesar Yang Akan Ibu Rasakan Setelah Operasi

resiko caesar

Rasa sakit mungkin benar tidak akan di rasakan saat melahirkan atau saat proses operasi, tapi setelahnya sakitnya akan sangat hebat, karena luka yang di derita sangat dalam, dari kulit perut sampai ke rahim.

Di samping rasa sakit tersebut pasca caesar akan menyebabkan ibu terbatas pergerakannya, jangankan untuk bekerja, untuk bangun dari tempat tidur saja terasa susah dan sakit.

Posisi tidur yang terbatas, sehingga tidak bebas bergerak dan saat BAB juga akan menjadi masalah, karena jika saat BAB tidak boleh mengejan dengan kuat.

Dan masih banyak kesusahan kesusahan lainnya jika ibu melahirkan dengan cara sesar, yang menjadi masalah terberat adalah penyembuhan luka bekas sayatan saat operasi itulah yang memakan waktu lama.

Sehingga dalam waktu lama ibu tidak bisa beraktifitas seperti sedia kala, dan harus rela hanya tidur di kasur saja sampai waktu yang lama.

Jadi jangan iri terhadap ibu yang melahirkan dengan cara sesar, bersyukurlah jika ibu bisa melahirkan dengan alami atau normal, karena resiko caesar juga sebenarnya besar juga.

Walaupun memang saat ini banyak sekali alasan yang di jadikan ibu untuk melakukan operasi sesar walaupun sebenarnya ia bisa melahirkan dengan normal.

Seperti tidak ingin merasakan sakit seperti percakapan di atas, ingin agar persalinan bertepatan dengan tanggal atau hari tertentu, agar tetap kencang organ wanitanya, dan lain lain alasan.

Walaupun itu adalah pilihan pribadi ibu dan suami, tapi paling tidak fikirkan resiko sesar saat masa masa nanti pasca caesar, apakah siap denga segala resiko dan bahayanya melahirkan dengan cara caesar?.

Berbeda dengan ibu yang memang harus menjalani persalinan dengan jalan sesar, maka resiko tersebut pasca caesar harus di lalui, karena memang tidak ada pilihan lain.

Sumber: www.pascacaesar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *