Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Posted on


Rumah merupakan aset paling miliki nilai yang dimiliki seseorang. Bisa dibeli bersama pakai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau membelinya secara kontan bersama biaya sendiri atau membangunnya dari awal bersama terutama dahulu belanja tanah dan bahan material.
Jika memilih membangun tempat tinggal sendiri, mahalnya material dan biaya pekerja untuk membangun tempat tinggal wajib menjadi perhatian. Membangun tempat tinggal dari awal bukanlah perkara instan supaya wajib perjuangan dan kerja keras.
Untuk membangun tempat tinggal impian, Anda sanggup terasa menghitung kebolehan keuangan teristimewa yang sesuai bersama type tempat tinggal yang inginkan dibangun. Jika dana terbatas, tak wajib mewah dan megah. Rumah minimalis dan cantik sanggup menjadi pilihan tempat tinggal idaman.
Ulasan tersebut memuat mengenai ikhtisar membangun tempat tinggal minimalis. Mulai dari pengertian, estimasi biaya, sampai trick membangun tempat tinggal hemat biaya. Namun, tetap nyaman dan sanggup tingkatkan pengetahuan.
Apa yang Dimaksud Rumah Minimalis dan Berapa Biayanya?
Konsep tempat tinggal minimalis terinspirasi dari ajaran filosofis dari Jepang yang dikenal sebagai Zen. Orang-orang yang total hidupnya bersandar terhadap Zen ditekankan untuk sanggup hidup mengharmoniskan tubuh bersama pikirannya. Dari ajaran Zen, kuat dugaan konsep tempat tinggal minimalis lahir. Sebab dalam Zen, ketenangan diraih seumpama hidup menyatu bersama alam. Inilah yang terdapat dalam konsep tempat tinggal minimalis atau rumah type 36
Berniat untuk membangun tempat tinggal minimalis? Berikut ini hal-hal yang wajib diperhitungkan untuk membangun tempat tinggal minimalis.
1. Berapa Biaya untuk Membayar Tenaga Kerja?
Ada tiga sistem yang sepanjang ini berlaku dalam membangun rumah, yakni sistem harian, borongan jasa, dan borongan penuh. Hitung-hitungan bayarannya berbeda-beda. Dilansir dari rumah.com, untuk sistem harian, biayanya per hari sekitar Rp100-150 ribu per hari.
Sementara biaya borongan jasa sekitar Rp600-800 ribu per meter persegi. Lain halnya bersama biaya borongan penuhyang lebih tinggi, biayanya sanggup sekitar Rp3-5 juta per meter persegi. Perlu diketahui untuk borongan jasa, yang dibayarkan cuma jasanya, sedangkan bahan material disediakan sendiri.
Dari aspek waktu, kebanyakan sistem borongan lebih cepat ketimbang sistem harian. Namun, terkecuali telah selesai dan inginkan mengubahnya, sistem harian lebih terlalu mungkin ketimbang sistem borongan yang mengandalkan desain tempat tinggal yang Anda inginkan.
2. Luas Tanah dan Bangunan
Katakanlah inginkan membangun tempat tinggal 21/60. Artinya, Anda memerlukan tanah seluas 60 meter persegi dan harga tanah di wilayah incaran yang di idamkan seumpama Rp800.000/m². Jadi, biaya yang wajib disediakan untuk belanja tanah: Rp800.000 x 60 = Rp48.000.000.
Selanjutnya, perkiraan biaya untuk membangun bangunan. Yang bertujuan biaya bangunan adalah perkiraan biaya untuk pembelian material, seperti pasir, batu bata, semen, dan sebagainya. Untuk yang satu ini, Anda wajib mengomunikasikan bersama kepala pekerja apa saja material yang menjadi kebutuhan seumpama pakai sistem harian.
Andaikan saja Anda memilih sistem borongan penuh. Biaya yang wajib dikeluarkan bersama harga borongan penuh Rp3,5 juta per meter persegi: 21 x 3.000.000 = Rp63.000.000. Jadi, total biaya beli tanah dan bangunan (sistem borongan penuh): Rp48.000.000 + Rp63.000.000 = Rp111.000.000.
3. Biaya Lain-Lain
Bila dalam masa pembangunan, tersedia perubahan yang inginkan dilakukan, seperti membangun taman, memberikan ornamen, dan sejenisnya, wajib dihitung berapa perkiraan biayanya. Biaya ini wajib dipersiapkan dalam anggaran. Tetapkan sebesar 10% dari total total anggaran.
Total Anggaran Pembangunan Rumah Minimalis Tipe 21/60
Ketiga pos anggaran di atas adalah anggaran yang terlalu mungkin wajib dipersiapkan dalam membangun tempat tinggal minimalis. Kalau ditotal seluruhnya, perkiraan biaya yang wajib dipersiapkan sekitar.
• Biaya Tanah + Bangunan (borongan penuh): Rp111.000.000
• Biaya Lain-Lain: ditiadakan dikarenakan sistem borongan penuh
• Total Anggaran: Rp111.000.000
Dengan simulasi semacam ini, dapat diketahui besaran anggaran untuk membangun tempat tinggal minimalis type 21/60. Tentu saja anggaran dalam simulasi di atas sanggup berubah-ubah atau mengalami fluktuasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *