cara mencuci mobil

Cara Mencuci Mobil Bagian Luar Yang Benar dan Aman

Posted on

Melihat judul di atas yang berkaitan dengan mencuci mobil bagian luar, tentu kamu berfikir apakah ada yang mungkin salah saat mencuci mobil bagian luar? Bukankah bagian luar merupakan bagian mobil yang paling mudah dan aman saat dicuci? Ternyata tidak demikian, meski terlihat sangat sederhana dan simpel, nyatanya banyak diantara kita yang salah dalam mencuci mobil bagian luar.

Bagian luar mobil hampir seluruhnya dilapisi cat. Cat menjadi komponen utama yang membuat tampilan mobil jadi menawan atau tidak. Bahkan tujuan utama mencuci kebanyakan orang adalah membuat tampilan bodi mobil jadi terlihat kinclong agar menambah tingkat kepedaan. Cat ini terbuat dari bahan kimia, jika kita salah dalam memperlakukanya bisa saja menyebabkan cat mengelupas.

Untuk itu, kita musti hati-hati dalam menggunakan bahan kimia tertentu untuk mencuci mobil bagian luar.

Cara Mencuci Mobil Bagian Luar

Untuk mencuci mobil bagian luar, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal. Berikut tips mencuci mobil bagian luar yang aman dan benar:

  1. Mencuci bagian luar diawali dengan menyemprotkan air terlebih dahulu. Kurang lebih lakukan selama 15 detik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa kalorin dan debu yang menempel pada bagian luar mobil. Tak masalah bila kamu menyemprotnya dengan air yang mengalir keras atau di setam.
  2. Tetapi jangan lupa, selama menyemprotkan air pada bagian luar, tutup terlebih dahulu jendela serta pintu mobil dengan rapat ya, jangan sampai ada air yang masuk ke bagian dalam hingga mengenai interior mobil.
  3. Setelah kaca mobil tertutup rapat, baru kita semprotkan air ke seluruh badan mobil untuk membersihkan debu dan sisa-sisa bahan kimia yang menempel bada bagian badan mobil. Menyemprotkan air terlebih dahulu itu sangat penting dilakukan sebelum kita menggosok badan mobil karena jika langsung digosok, bisa menyebabkan debu atau pasir yang menempel malah akan menggores cat.
  4. Kesalah yang sering dilakukan adalah membersihkan mobil menggunakan detergen asal-asalan. Padahal ini sangat berbahaya pada bagian cat mobil dan bisa menyebabkan mengelupas. Jadi sebaiknya belilah pembersih khusus untuk membersihkan bagian mobil.
  5. Bersihkan mobil menggunakan spon khusus mobil. Bukan spot untuk mencuci piring. Mulailah dengan memcuci mobil pada bagian atapnya terlebih dahulu baru turun ke bawah dari satu bagian ke bagian yang lain.
  6. Sebaiknya kamu cuci mobil pada saat matahari langsung menyinari mobil. Sebab tetesan air bisa menjadi lensa yang memfokuskan cahaya pada cat.
  7. Cucilah sampai bersih jangan sampaio ada bagian luar yang tertinggal.
  8. Terakhir, gunakan lap khusus untuk menghilangkan sisa-sisa air yang menempel pada seluruh bagian saat mencuci mobil.

Nah itulah tahap yang sebaiknya kamu perhatikan ketika mencuci mobil bagian luar. Setelah mencuci mobil bagian luar, kini saatnya kamu berpindah ke bagian dalam.

Mencuci Mobil Bagian Dalam

Nah untuk mencuci mobil bagian dalam itu berbeda dengan mencuci mobil bagian luar. Terutama terkait dengan cara dan air yang digunakan. Jika pada bagian luar langsung di semprot saja, maka pada bagian dalam cukup dilap saja menggunakan kain yang dibasahi. Jadi tidak membutuhkan banyak air. Hal ini karena pada bagian dalam paling hanya kotor akibat makanan, minuman, alas kaki atau tangan. Terlebih sebaiknya jangan gunakan pemutih saat mencuci mobil bagian dalam. Karena bisa merusak bagian interior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *